Jodoh Terhalang karena Ilmu Magis?

Pertanyaan:

Apa benar seorang wanita yang sulit mencari jodoh itu karena ada yang mengerjai dia dengan ilmu magis agar terhalang jodohnya? Jika benar, bagaimana solusinya agar hal tersebut hilang?

Jawaban:

Semoga gangguan pikiran tersebut hanya waswas atau perasaan semata. Yang jelas, cepat atau lambatnya jodoh seseorang termasuk dalam suratan takdir yang sudah tercatat di kitab Lauhul Mahfuzh semenjak 50 ribu tahun sebelum terciptanya langit dan bumi.

Baca juga: Bekal Wajib untuk Membahas Takdir

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ أَجَلٌۖ فَإِذَا جَآءَ أَجَلُهُمۡ لَا يَسۡتَأۡخِرُونَ سَاعَةً وَلَا يَسۡتَقۡدِمُونَ

“Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu; apabila telah datang waktunya, mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaat pun dan tidak dapat (pula) memajukannya.” (al-A’raf: 34)

مَآ أَصَابَ مِن مُّصِيبَةٍ فِي ٱلۡأَرۡضِ وَلَا فِيٓ أَنفُسِكُمۡ إِلَّا فِي كِتَٰبٍ مِّن قَبۡلِ أَن نَّبۡرَأَهَآۚ

“Tiada suatu bencana pun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya.” (al-Hadid: 22)

مَآ أَصَابَ مِن مُّصِيبَةٍ إِلَّا بِإِذۡنِ ٱللَّهِۗ

“Tidak ada sesuatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah.” (at-Taghabun: 11)

Baca juga: Doa-Doa Ketika Tertimpa Kesempitan dan Kesedihan

Dalam hadits yang menyebutkan tahapan perkembangan janin manakala sudah berusia empat bulan dalam perut ibunya, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

ثُمَّ يُرْسَلُ الْمَلَكُ فَيَنْفُخُ فِيهِ الرُّوحَ، وَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ: بِكَتْبِ رِزْقِهِ، وَأَجَلِهِ، وَعَمَلِهِ، وَشَقِيٌّ، أَوْ سَعِيدٌ….

“… Diutus kepadanya malaikat untuk meniupkan kepadanya ruh serta diperintahkan dengan empat perkara: menulis rezeki, ajal, amalan, dan nasib baik atau buruknya….” (HR. al-Bukhari dan Muslim dari sahabat Abu Masud radhiallahu anhu)

Baca juga: Penjelasan tentang Takdir Baik dan Buruk

Jadi, manakala sudah ada upaya, usaha, dan doa, serahkan keputusannya kepada Allah.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

وَمَن يَتَّقِ ٱللَّهَ يَجۡعَل لَّهُۥ مَخۡرَجًا ٢ وَيَرۡزُقۡهُ مِنۡ حَيۡثُ لَا يَحۡتَسِبُۚ

“Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.” (ath-Thalaq: 2—3)

Baca juga: Usaha, Doa, Sebab, dan Takdir

Namun, jika seseorang memang merasa ada yang tidak wajar pada dirinya, yang dia diperkirakan menjadi salah satu penyebab tertunda jodohnya, atasilah dengan banyak membaca Al-Qur’an, berdoa, dan berzikir, terutama zikir pagi-sore, zikir sebelum dan sesudah tidur. Bacalah zikir-zikir tersebut sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Sebab, zikir-zikir tersebut merupakan perisai bagi seorang muslim. Dengan izin Allah, dia akan terjaga dari gangguan jin dan setan.

Baca juga: Wirid Rutin Harian Sebagai Perlindungan dari Penyakit

Wallahu a’lam bish-shawab.

(Ustadz Abu Ishaq Abdullah Nahar)

halanganjodohsihirtakdir