Keturunan Rasulullah Sampai Saat Ini

Pertanyaan:

Mau bertanya tentang keturunan Rasulullah sampai dengan saat ini. Bukankah nasab beliau telah putus karena tidak adanya anak lelaki? Bukankah Hasan dan Husain radhiallahu anhuma nasabnya ke Ali radhiallahu anhu?

Jawab:

Tentang penyandaran nasab ke Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, maka seperti yang dikatakan oleh penanya, yaitu sudah terputus. Sebab, rantai nasab keturunan disandarkan pada laki-laki, sedangkan anak laki-laki Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam tidak ada yang berumur panjang hingga memiliki keturunan.

Baca juga: Keutamaan Ahlul Bait

Akan tetapi, jika yang dimaksud ialah semata-mata keturunan, bukan penasaban, tentu tetap masih mungkin dan tidak bisa dimungkiri, yaitu dari keturunan Hasan dan Husain, anak dari Fathimah dan Ali radhiallahu anhum.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda tentang Hasan radhiallahu ‘anhu,

إِنَّ ابْنِي هَذَا سَيِّدٌ وَلَعَلَّ اللَّهَ أَنْ يُصْلِحَ بِهِ بَيْنَ فِئَتَيْنِ عَظِيمَتَيْنِ مِنَ المُسْلِمِينَ

“Sesungguhnya putraku ini adalah pemimpin. Dengan sebab dia, Allah akan mendamaikan dua kelompok besar (yang berseteru) dari kaum muslimin.” (HR. al-Bukhari no. 2704)

Baca juga: Apakah Ahlul Bait Maksum?

Artinya, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menganggap Hasan sebagai anaknya walaupun hakikatnya Hasan adalah cucu yang dilahirkan oleh putrinya.

Wallahu a’lam bish-shawab.

Ditulis oleh Ustadz Abu Ishaq Abdullah

ahli baitahlul baitali bin abi thalibfatimahhasanhusainketurunan nabi