Nasihat untuk Tenaga Medis dan Seluruh Kaum Muslimin terkait Covid-19

Link Download Audio

Bismillah

Ada beberapa tausiyah yang ingin saya sampaikan kepada para tenaga medis, terkhusus dari kalangan ikhwan.

Yang pertama, terkait dengan keadaan yang belum kondusif akibat wabah virus Covid-19.

Yang kedua, kasusnya yang semakin meningkat.

Yang ketiga, banyaknya rumah sakit yang kewalahan.

Maka dari itu, saya menasihatkan kepada para tenaga medis, terkhusus dari kalangan ikhwan;

Yang pertama, mengambil kesempatan ini untuk meraih pahala besar di sisi Allah, yaitu dengan memberikan yang terbaik kepada Orang Dalam Pengawasan (ODP) atau bahkan kepada orang yang positif, baik secara perawatan, pengobatan, maupun tindakan medis lainnya.

Hal ini merupakan bentuk taawun yang sangat besar pahalanya dan termasuk sedekah yang paling besar pula pahalanya walaupun bukan dengan harta benda.

Dikatakan paling utama karena, dalam kondisi seperti ini, mereka berada di barisan terdepan dalam menghadapi wabah ini–setelah kekuatan dari Allah azza wa jalla.

Jangan pesimis, takut ataupun gelisah; tetaplah optimis. Namun, di sisi lain, tetaplah memperbanyak doa dan mohon perlindungan kepada Allah azza wa jalla.

Berbagai upaya pencegahan yang bisa dilakukan secara medis hendaknya selalu diupayakan, seperti pola hidup bersih dan sehat (PHBS), cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan melaksanakan protokol tetap penanganan kasus Covid-19. Semua hal tersebut dilakukan dalam rangka ikhtiar kepada Allah azza wa jalla.

Ambil kesempatan ini sebagai momen untuk mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah ta’ala.

Semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan, kekuatan, ketenangan, tekad, dan semangat dalam menghadapi wabah ini dengan tetap bekerja sama dengan pemerintah.

Jangan takut, gelisah, pesimis, atau panik.

Seorang mukmin harus memiliki iman, tawakal yang tinggi, dan ikhtiar yang maksimal. Seorang mukmin harus mengambil kesempatan ini untuk meraih pahala besar dari Allah azza wa jalla.

Pihak lain pun diharapkan bantuannya. Seorang yang kaya, dengan hartanya, hendaknya membantu si miskin dalam kondisi seperti ini.

Semua pihak harus saling bertaawun sesuai dengan kemampuan masing-masing, baik dengan harta maupun tenaga. Bisa dengan memberikan penyuluhan atau arahan Islami. Semuanya harus saling bertaawun dalam menghadapi kondisi yang ada.

Tetap sabar, serahkan semua kepada Allah, tawakal, ikhtiar, dan raihlah pahala besar dengan memberikan yang terbaik sesuai dengan bidang masing-masing.

Tetaplah optimis dan lakukan tugas dengan sebaik-baiknya. Lindungi diri menurut anjuran kesehatan. InsyaAllah, semua aman.

Barakallahu fiikum

Kutipan al-Ustadz Muhammad Afifuddin as-Sidawy hafizhahullah

covid19pendemi covid19wabah coronawabah covid19