Kemudahan Setelah Kesulitan

Setiap orang yang hidup di dunia ini tentu akan melewati beragam peristiwa. Perubahan keadaan adalah suatu kepastian karena dunia hanya persinggahan sementara. Hakikat ini harus kita pahami agar kita tidak lupa diri kala memperoleh kenikmatan duniawi dan tidak pula berlarut-larut dalam kesedihan atas materi yang luput kita dapatkan.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

مَآ أَصَابَ مِن مُّصِيبَةٍ فِي ٱلۡأَرۡضِ وَلَا فِيٓ أَنفُسِكُمۡ إِلَّا فِي كِتَٰبٍ مِّن قَبۡلِ أَن نَّبۡرَأَهَآۚ إِنَّ ذَٰلِكَ عَلَى ٱللَّهِ يَسِيرٌ ٢٢ لِّكَيۡلَا تَأۡسَوۡاْ عَلَىٰ مَا فَاتَكُمۡ وَلَا تَفۡرَحُواْ بِمَآ ءَاتَىٰكُمۡۗ وَٱللَّهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخۡتَالٍ فَخُورٍ ٢٣

“Tiada suatu bencana pun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauh Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. (Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berdukacita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri.(al-Hadid: 22—23)

Sungguh, berhadapan dengan kenyataan yang pahit dan berbagai problem yang mengimpit dirasa berat oleh jiwa. Manusia pun berbeda-beda dalam menyikapinya. Seorang mukmin sejati akan menghadapinya dengan penuh keteguhan hati, sedangkan orang kafir atau yang lemah imannya—karena tidak memiliki pegangan keyakinan yang kuat—akan terombang-ambing dan salah jalan. Di antara mereka ada yang bunuh diri atau mendatangi dukun dan paranormal. Ada pula yang menempuh cara-cara sadis seperti membunuh, memukul, dan merampok.

Baca juga:

Bom Bunuh Diri Menurut Ulama Salafi

Peristiwa Dahsyat Menyingkap Jati Diri

Dalam kondisi biasa dan tidak ada masalah, kepribadian seseorang terkadang sulit untuk diketahui. Dalam keadaan yang serba sulit, akan muncullah jati dirinya yang sesungguhnya. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

أَحَسِبَ ٱلنَّاسُ أَن يُتۡرَكُوٓاْ أَن يَقُولُوٓاْ ءَامَنَّا وَهُمۡ لَا يُفۡتَنُونَ ٢ وَلَقَدۡ فَتَنَّا ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِهِمۡۖ فَلَيَعۡلَمَنَّ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ صَدَقُواْ وَلَيَعۡلَمَنَّ ٱلۡكَٰذِبِينَ ٣

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan, ‘Kami telah beriman’, sedangkan mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.” (al-Ankabut: 2—3)

Dalam surah al-Baqarah, Allah subhanahu wa ta’ala menyebutkan tekad dan semangat para pembesar Bani Israil untuk memerangi musuh mereka yang jahat, yaitu Raja Jalut dan pasukannya. Mereka meminta kepada nabi mereka—setelah wafatnya Nabi Musa alaihis salam—agar diangkat seorang raja yang akan memimpin mereka berperang.

Permintaan mereka dikabulkan dan diangkatlah Thalut sebagai raja mereka. Ketika mereka berangkat berperang, di tengah perjalanan kesabaran mereka mulai melemah. Puncaknya adalah ketika mereka berhadapan langsung dengan pasukan musuh. Semangat yang tadinya membara kini tinggal cerita. Kebanyakan mereka mundur. Hanya sedikit yang teguh menghadapi musuh. (lihat pada al-Baqarah ayat 246—249)

Oleh karena itu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melarang umatnya mengharap-harap datangnya musuh dan bala (bencana). Beliau shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

لَا تَتَمَنَّوْا لِقَاءَ الْعَدُوِّ وَإذَا لَقِيْتُمُوْهُمْ فَاصْبِرُوْا

“Jangan kamu mengharap-harap bertemu dengan musuh. (Akan tetapi,) apabila kamu bertemu dengan mereka, bersabarlah.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Al-Munawi rahimahullah menerangkan,

“Berjumpa dengan musuh adalah urusan terberat yang dirasakan oleh jiwa. Urusan yang belum tampak tidak seperti yang sudah terlihat nyata. Ketika yang dinanti-nanti menjadi kenyataan, tidak mustahil yang terjadi adalah kebalikan dari yang diharapkan.” (Faidhul Qadir, 6/504)

Tidak Putus Asa

Kondisi sulit yang berlarut-larut bisa menyeret kepada sikap pesimis atau berputus asa dari rahmat Allah subhanahu wa ta’ala. Saat keadaan seorang sampai pada taraf ini, dia telah terhinggapi sifat kekufuran. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

وَلَا تَاْيۡ‍َٔسُواْ مِن رَّوۡحِ ٱللَّهِۖ إِنَّهُۥ لَا يَاْيۡ‍َٔسُ مِن رَّوۡحِ ٱللَّهِ إِلَّا ٱلۡقَوۡمُ ٱلۡكَٰفِرُونَ

“Dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada yang berputus asa dari rahmat Allah melainkan kaum yang kafir.” (Yusuf: 87)

Kekafiran yang ada pada mereka menyebabkan mereka menganggap jauh rahmat Allah subhanahu wa ta’ala, sehingga rahmat-Nya pun menjauh. Oleh karena itu, kita dilarang meniru mereka.

Ayat ini menunjukkan bahwa seseorang memiliki sikap berharap sesuai dengan kadar keimanannya.
Seorang yang mengetahui luasnya rahmat Allah subhanahu wa ta’ala tentu tak akan terhinggapi sikap pesimis. Dia justru yakin bahwa setiap ada kesulitan pasti akan datang kemudahan setelahnya. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

سَيَجۡعَلُ ٱللَّهُ بَعۡدَ عُسۡرٍ يُسۡرًا

“Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan.” (ath-Thalaq: 7)

Baca juga:

Agar Kesedihan Berbuah Keutamaan

Dahulu ada seseorang yang biasa menyewakan bagal (peranakan kuda dengan keledai) dari Damaskus ke negeri az-Zubdani. Ketika ia melakukan perjalanan, ada seseorang yang menemaninya. Di tengah perjalanan, di tempat yang sepi dan jauh dari lalu lalangnya manusia, orang yang menemaninya justru ingin merampok hartanya dan membunuhnya.

Orang itu diingatkan dengan Allah subhanahu wa ta’ala dan azab-Nya. Akan tetapi, orang itu tetap pada tekadnya untuk membunuh. Akhirnya, dia pasrah. Dia pun meminta waktu untuk shalat dua rakaat sebelum dibunuh.

Ketika ia berdiri shalat tak ada satu ayat pun yang bisa keluar dari lisannya karena dahsyatnya keadaan. Selang beberapa saat, keluar dari lisannya ayat,

أَمَّن يُجِيبُ ٱلۡمُضۡطَرَّ إِذَا دَعَاهُ وَيَكۡشِفُ ٱلسُّوٓءَ وَيَجۡعَلُكُمۡ خُلَفَآءَ ٱلۡأَرۡضِۗ أَءِلَٰهٌ مَّعَ ٱللَّهِۚ قَلِيلًا مَّا تَذَكَّرُونَ

“Atau siapakah yang mengabulkan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan, dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati(Nya).” (an-Naml: 62)

Lalu, dia melihat seorang penunggang kuda membawa tombak mendatanginya dengan cepat. Setelah dekat, orang itu langsung menombak si perampok tersebut hingga mati.

Orang itu ditanya, “Siapa kamu?”

Dia menjawab, “Aku adalah utusan Dzat yang mengabulkan doa orang yang kesulitan.” (Lihat Tafsir Ibnu Katsir, surah an-Naml ayat 62, 3/383)

Jalan Keluar dari Kesulitan

Penderitaan yang dialami manusia dengan beragam bentuknya tidak berarti tidak ada penyelesaiannya. Allah subhanahu wa ta’ala lebih sayang terhadap hamba-Nya daripada si hamba terhadap dirinya sendiri.

Ada jalan keluar yang terbaik bagi seseorang sehingga terlepas dari malapetaka yang sudah menimpa atau menangkal musibah yang akan turun. Di antaranya,

  1. Mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wa ta’ala dengan menjalankan ketaatan dan meninggalkan hal-hal yang mendatangkan kemurkaan-Nya.

Ini sebagaimana firman-Nya,

إِنَّ رَحۡمَتَ ٱللَّهِ قَرِيبٌ مِّنَ ٱلۡمُحۡسِنِينَ

“Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.” (al-A’raf: 56)

  1. Memperbanyak tobat dan istigfar kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Sebab, pada umumnya petaka yang menimpa adalah disebabkan kemaksiatan dan dosa. Orang yang beristigfar dan mengakui kesalahan akan memperoleh kucuran rahmat dan rezeki dari arah yang tidak terduga.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman menyebutkan ucapan Nabi Nuh alaihis salam kepada kaumnya,

فَقُلۡتُ ٱسۡتَغۡفِرُواْ رَبَّكُمۡ إِنَّهُۥ كَانَ غَفَّارًا ١٠ يُرۡسِلِ ٱلسَّمَآءَ عَلَيۡكُم مِّدۡرَارًا ١١ وَيُمۡدِدۡكُم بِأَمۡوَٰلٍ وَبَنِينَ وَيَجۡعَل لَّكُمۡ جَنَّٰتٍ وَيَجۡعَل لَّكُمۡ أَنۡهَٰرًا ١٢

“Aku katakan kepada mereka, ‘Mohonlah ampun kepada Rabb-mu—sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun—, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun serta mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai’.” (Nuh: 10—12)

  1. Memperkenalkan diri kepada Allah subhanahu wa ta’ala ketika dalam keadaan lapang, dengan selalu menjaga batasan-batasan-Nya dan menunaikan hak-Nya.

Disebutkan dalam hadits qudsi,

وَمَا يَزَالُ عَبْدِيْ يَتَقَرَّبُ إِلَيَّ بِالنَّوَافِلِ حَتَّى أُحِبَّهُ … وَلَئِنْ سَأَلنِي لَأُعْطِيَنَّهُ وَلَئِنِ اسْتَعَاذَنِي لَأُعِيْذَنَّهُ

“Dan hamba-Ku senantiasa mendekatkan diri kepada-Ku dengan amalan-amalan sunnah hingga Aku mencintainya … Apabila ia meminta kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Apabila ia meminta perlindungan kepada-Ku, niscaya Aku akan melindunginya.” (HR. al-Bukhari no. 6502)

Adh-Dhahhak bin Qais rahimahullah berkata,

“Ingatlah kamu kepada Allah subhanahu wa ta’ala pada saat senang, niscaya Dia mengingatmu pada saat sulit. Sungguh, dahulu Nabi Yunus alaihis salam selalu mengingat Allah subhanahu wa ta’ala, sehingga tatkala ia ditelan ikan, Allah subhanahu wa ta’ala menyelamatkan beliau. Allah subhnahu wa ta’ala berfirman,

فَلَوۡلَآ أَنَّهُۥ كَانَ مِنَ ٱلۡمُسَبِّحِينَ ١٤٣ لَلَبِثَ فِي بَطۡنِهِۦٓ إِلَىٰ يَوۡمِ يُبۡعَثُونَ ١٤٤

“Sekiranya dia tidak termasuk orang-orang yang banyak mengingat Allah, niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit.” (ash-Shaffat: 143—144)

Adapun Firaun adalah seorang yang melampaui batas dan tidak mengingat Allah subhanahu wa ta’ala. Ketika tenggelam, ia berkata, “Aku beriman sekarang.” Allah subhanahu wa ta’ala pun berfirman,

ءَآلۡـَٰٔنَ وَقَدۡ عَصَيۡتَ قَبۡلُ وَكُنتَ مِنَ ٱلۡمُفۡسِدِينَ

“Apakah sekarang (baru kamu percaya), padahal sesungguhnya kamu telah durhaka sejak dahulu, dan kamu termasuk orang-orang yang berbuat kerusakan?!” (Yunus: 91)

Baca juga:

Kisah Orang-Orang yang Terkurung di dalam Gua

Disebutkan dalam hadits yang masyhur tentang tiga orang yang masuk ke dalam gua lalu pintu gua itu tertutup oleh batu besar. Kemudian Allah subhanahu wa ta’ala menyelamatkan mereka dengan menggeser batu itu hingga mereka bisa keluar. Allah subhanahu wa ta’ala mengabulkan doa mereka karena mereka memiliki simpanan amal kebaikan di saat lapang. Amalan-amalan mereka adalah berbakti kepada kedua orang tua, meninggalkan kekejian padahal mampu melakukannya, dan menunaikan amanah atau menjaga titipan orang. (lihat kitab Nurul Iqtibas karya Ibnu Rajab rahimahullah)

Demikian pula seperti yang Nabi shallallahu alaihi wa sallam sebutkan dalam hadits,

وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللهُ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، وَاللهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيهِ

“Barang siapa memudahkan orang yang kesulitan, Allah akan mudahkan baginya di dunia dan akhirat. Barang siapa menutupi (aib) seorang muslim, Allah akan tutup (aibnya) di dunia dan akhirat. Allah akan membantu seorang hamba selama hamba mau membantu saudaranya.” (HR. Muslim)

  1. Memohon kepada Allah subhanahu wa ta’ala dan mengarahkan hati hanya kepada-Nya.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌۖ أُجِيبُ دَعۡوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِۖ فَلۡيَسۡتَجِيبُواْ لِي وَلۡيُؤۡمِنُواْ بِي لَعَلَّهُمۡ يَرۡشُدُونَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, (jawablah) bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka dari itu, hendaklah mereka memenuhi (segala perintah)-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (al-Baqarah: 186)

Pintu Allah subhanahu wa ta’ala selalu terbuka bagi hamba yang menghendaki-Nya meskipun seluruh pintu dan jalan yang selain-Nya tertutup.

Dahulu, sekelompok orang musyrik berlayar di lautan. Perahu yang mereka naiki diombang-ambingkan oleh gelombang laut yang dahsyat. Lalu mereka berdoa kepada Allah subhanahu wa ta’ala dengan setulus hati mereka dan mencampakkan segala yang mereka sembah selain Allah subhanahu wa ta’ala.

Allah subhanahu wa ta’ala pun mengabulkan permintaan mereka, meskipun setelah tiba di daratan mereka kembali menyekutukan Allah subhanahu wa ta’ala. Jika doa mereka saja dikabulkan padahal mereka musyrikin, tentu orang yang beriman lebih mulia.

Intinya hanyalah seseorang benar-benar mengarahkan permohonannya kepada Allah subhanahu wa ta’ala dan membuang jauh-jauh ketergantungan pada selain-Nya.

Rahasia di Balik Datangnya Kemudahan Setelah Kesulitan yang Dahsyat

  • Kesulitan yang telah sampai puncaknya menjadikan seseorang tidak lagi bergantung kepada makhluk. Hanya kepada Allah subhanahu wa ta’ala dia bergantung.

Apabila seseorang hanya bersandar kepada Allah subhanahu wa ta’ala, permohonannya akan dikabulkan dan kesulitannya akan dihilangkan. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

وَمَن يَتَوَكَّلۡ عَلَى ٱللَّهِ فَهُوَ حَسۡبُهُۥٓۚ

“Barang siapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (ath-Thalaq: 3)

  • Apabila dahsyatnya petaka telah meliputi seorang hamba, dia harus berupaya keras untuk memerangi godaan setan yang membisikkan sikap putus asa dari rahmat Allah subahanahu wa ta’ala.

Balasan atas upaya keras untuk menepis godaan setan ini adalah dirinya dilepaskan dari malapetaka. Bentuk godaan setan tersebut di antaranya adalah agar seseorang meninggalkan berdoa apabila tak kunjung dikabulkan.

Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

يُسْتَجَابُ لِأَحَدِكُمْ مَا لَمْ يَعْجَلْ، يَقُولُ: دَعَوْتُ فَلَمْ يُسْتَجَبْ لِي

“Dikabulkan (doa) salah seorang kalian selagi tidak tergesa-gesa, (dengan) ia mengatakan, ‘Aku telah berdoa, tetapi tidak kunjung dikabulkan’.” (HR. al-Bukhari dalam “Kitab ad-Da’awat”, dan Muslim dalam “adz-Dzikru wad Du’a”)

  • Apabila seorang mukmin melihat kesulitannya tidak kunjung selesai dan hampir berputus asa—setelah sering memohon kepada Allah subhanahu wa ta’ala—hal ini akan membuahkan sikap introspeksi diri.

Dia akan menyadari bahwa doanya belum dijawab karena hatinya masih kotor. Perasaan seperti ini mendorongnya untuk bersimpuh hati secara total di hadapan Allah subhanahu wa ta’ala serta mengakui bahwa permohonannya belum pantas dikabulkan. Dengan demikian, dia akan cepat dilepaskan dari malapetaka. (lihat kitab Nurul Iqtibas karya Ibnu Rajab rahimahullah bersama al-Jami’ al-Muntakhab, hlm. 212—213)

Buah Kesabaran

Semua orang, baik mukmin maupun kafir, pasti mengalami cobaan hidup. Hanya saja, orang yang beriman berbeda dengan orang kafir dalam menyikapinya. Orang beriman menghadapi masa-masa sulit yang dialaminya dengan keteguhan hati, ridha terhadap ketentuan Allah subhanahu wa ta’ala, dan berbaik sangka kepada-Nya.

Nabi Ya’qub alaihis salam diuji oleh Allah subhanahu wa ta’ala dengan terpisahnya ia dari anak yang sangat dicintainya, yaitu Nabi Yusuf alaihis salam dan saudaranya. Berpuluh-puluh tahun Nabi Ya’qub alaihis salam menahan penderitaan hidup. Akan tetapi, ia tidak pernah berputus asa. Dia berkata kepada anak-anaknya,

يَٰبَنِيَّ ٱذۡهَبُواْ فَتَحَسَّسُواْ مِن يُوسُفَ وَأَخِيهِ وَلَا تَاْيۡ‍َٔسُواْ مِن رَّوۡحِ ٱللَّهِۖ

“Pergilah kalian, carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya. Jangan kalian berputus asa dari rahmat Allah.” (Yusuf: 87)

Beliau juga berkata dengan penuh harapan,

عَسَى ٱللَّهُ أَن يَأۡتِيَنِي بِهِمۡ جَمِيعًاۚ

“Mudah-mudahan Allah mendatangkan mereka semuanya kepadaku.” (Yusuf: 83)

Allah subhanahu wa ta’ala mewujudkan harapan Ya’qub alaihis salam. Allah subhanahu wa ta’ala pun mempertemukan bapak dan anak yang saling merindukan ini.

Kisah orang-orang yang dilepaskan dari penderitaan hidup, baik pada umat terdahulu maupun pada umat ini, telah banyak dibukukan. Di antaranya kitab al-Faraju ba’da asy-Syiddah dan Mujabid Da’wah karya Imam Ibnu Abid Dunya rahimahullah. Demikian pula kitab-kitab yang menyebutkan tentang karamah para wali yang ditulis oleh ulama Ahlus Sunnah dan kitab-kitab sejarah.

Hal ini membuktikan bahwa Allah subhanahu wa ta’ala mendengarkan rintihan hamba-Nya dan akan melepaskan penderitaan orang yang hanya bergantung kepada-Nya.

Wallahu a’lam bish-shawab.

 

Ditulis oleh Ustadz Abu Muhammad Abdul Mu’thi, Lc.

Doahidupkesabarankesempitankesulitansolusi