Jamaah Masjid Tidak Memakai Masker

Pertanyaan:

Masjid di tempat saya tinggal sudah menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak. Namun, masih banyak yang tidak memakai masker. Mohon nasihatnya, sebaiknya saya shalat di rumah atau di masjid.

Jawaban:

Untuk kondisi seperti sekarang ini, jika di mesjid tempat tinggal seseorang sudah dibuka untuk shalat berjamaah dengan menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, sebaiknya dia shalat di masjid apabila dia termasuk orang yang memenuhi kriteria yang diizinkan.

Baca juga: Nasihat untuk Bersungguh-Sungguh Menaati Pemerintah pada Masa Wabah

Adapun keberadaan sebagian jamaah tidak menerapkan protokol kesehatan, misalnya tidak memakai masker, tidak menjadi penghalang baginya untuk datang ke masjid. Jika memungkinkan untuk dinasihati agar mematuhi protokol kesehatan, tentu itu lebih baik. Jika tidak memungkinkan, kita yang paham berusaha untuk mematuhi protokol kesehatan dengan baik dan tetap shalat di masjid tersebut karena pentingnya shalat berjamaah dan memakmurkan masjid bagi seorang muslim. Tentu saja, hal ini dilakukan dengan tetap waspada dari wabah dan senantiasa bertawakal kepada Allah.

Baca juga: Mematuhi Protokol Kesehatan

Kita memohon kepada Allah keselamatan dan afiat dari segala keburukan.

Wallahu a’lam bish-shawab.

(Ustadz Abu Ishaq Abdullah Nahar)

berjamaahcovid19masjidmaskerpandemiprotokol kesehatanshalat