Mujaddid Dakwah Salafiyah Negeri Yaman

Sesungguhnya kematian para ulama adalah salah satu tanda nubuwwah Nabi kita, Muhammad shallallahu ‘alaihi wa salam. Beliau pernah bersabda,

إِنَّ اللهَ لَا يَقْبِضُ الْعِلْمَ انْتِزَاعًا يَنْتَزِعُهُ مِنْ الْعِبَادِ وَلَكِنْ يَقْبِضُ الْعِلْمَ بِقَبْضِ الْعُلَمَاءِ حَتَّى إِذَا لَمْ يُبْقِ عَالِمًا اتَّخَذَ النَّاسُ رُءُوسًا جُهَّالًا فَسُئِلُوا فَأَفْتَوْا بِغَيْرِ عِلْمٍ فَضَلُّوا وَأَضَلُّوا

Sesungguhnya Allah tidaklah mencabut ilmu dengan sekaligus dari hamba-hamba-Nya. Akan tetapi, Dia mencabut ilmu ini dengan mematikan para ulama, hingga setelah tidak menyisakan lagi seorang ulama pun, manusia mengangkat orang-orang jahil sebagai pemimpin. Lalu mereka ditanya kemudian berfatwa tanpa ilmu. Akhirnya mereka sesat dan menyesatkan.” (HR. al-Bukhari dan Muslim, dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin al-‘Ash radhiallahu ‘anhuma)

Bertolak dari hadits ini, manusia sangat membutuhkan ulama yang bertakwa. Ulama yang membawa dan menyodorkan syariat yang bersih dan murni kepada mereka, seperti yang dibawa oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa salam. Terlebih lagi ketika muncul orang-orang yang mencampuradukkan antara kebenaran dan kebatilan sehingga kebanyakan anak-anak dan para pemuda Islam, baik laki-laki maupun perempuan, menjadi santapan lezat bagi tokoh-tokoh sesat dan pengikut hawa nafsu.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa salam pernah mengkhawatirkan golongan manusia seperti ini. Beliau shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda,

إِنَّ أَخْوَفَ مَا أَخَافُ عَلَى أُمَّتِي كُلُّ مُنَافِقٍ عَلِيم اِللِّسَانِ

Sesungguhnya yang paling aku takutkan terhadap umatku adalah kaum munafik yang sangat ahli berbicara.” (HR. Ahmad dari Umar bin al-Khaththab radhiallahu ‘anhu)

Demikian pula sabda beliau shallallahu ‘alaihi wa salam,

إِنَّمَا أَخَافُ عَلَى أُمَّتِي الْأَئِمَّةَ الْمُضِلِّينَ

Yang aku takutkan terhadap umatku hanyalah imam-imam penyesat.” (HR. Ahmad dari Tsauban radhiallahu ‘anhu)

Maka dari itu, sudah sepantasnya kita mencurahkan segenap kemampuan untuk menuntut ilmu syar’i, yang memberi manfaat bagi kehidupan dunia dan akhirat.

Hakikatnya, ilmu yang bermanfaat itu lebih tinggi dari kerajaan, kemuliaan dan kedudukan, bahkan dari dunia seisinya. Al-Hasan al-Bashri rahimahullah berkata, “Seandainya para raja dan anak-anak mereka tahu apa yang kita rasakan (dengan ilmu ini), tentulah mereka akan memukul kita dengan pedang-pedangnya.”

Di samping itu, Allah subhanahu wa ta’ala tidak pernah memerintah kita untuk meminta tambahan kekayaan dunia yang fana ini. Justru yang Ia perintahkan adalah agar kita meminta tambahan ilmu. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

فَتَعَٰلَى ٱللَّهُ ٱلۡمَلِكُ ٱلۡحَقُّۗ وَلَا تَعۡجَلۡ بِٱلۡقُرۡءَانِ مِن قَبۡلِ أَن يُقۡضَىٰٓ إِلَيۡكَ وَحۡيُهُۥۖ وَقُل رَّبِّ زِدۡنِي عِلۡمٗا ١١٤

Dan katakanlah, “Ya Rabbku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.” (Thaha: 114)

 

Nama dan Nasab Beliau

Beliau adalah al-‘Allamah al-Muhadits al-Mujahid, mujaddid dakwah salafiyah di negeri Yaman, asy-Syaikh Muqbil bin Hadi bin Muqbil bin Qayidah al-Hamdani al-Wadi’i, dari kabilah Alu Rasyid, berkuniah dengan Abu Abdir Rahman. Semoga Allah subhanahu wa ta’ala merahmati beliau.

Beliau lebih dikenal dengan namanya daripada nasab (keluarga besar) atau kabilah (suku). Padahal Wadi’ah merupakan kabilah yang besar dan terkenal di antara sekian banyak kabilah besar yang ada di belahan utara Yaman. Meskipun ada sebagian orang menyebut beliau dengan panggilan asy-Syaikh al-Wadi’i, namun tampaknya beliau lebih dikenal dan lebih akrab dipanggil dengan nama aslinya, yaitu asy-Syaikh Muqbil.

Banyak ulama di zaman dahulu maupun sekarang yang tersohor dan lebih dikenal dengan sebutan nasab, suku, atau asal daerah/negeri kelahirannya.

Sebagai contoh, ulama yang hidup di masa kita (tanpa mengurangi kemuliaan dan kehormatan ulama yang lain), yaitu asy-Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah. Beliau dinisbahkan kepada nama kakek yang keempat, yaitu ‘Utsman, yang akrab dipanggil dengan sebutan Utsaimin. Sementara itu, beliau sendiri bernama Muhammad bin Shalih bin Sulaiman bin Abdurrahman bin Utsman, dari Bani Tamim.

Contoh lain, asy-Syaikh Ibnu Baz rahimahullah. Beliau dinisbahkan kepada Alu Baz (keluarga Baz). Padahal beliau bernama Abdul Aziz bin Abdillah bin Abdur Rahman, dari Alu Baz.

Misal yang lain, asy-Syaikh al-Albani rahimahullah. Beliau dinisbahkan kepada asal negeri kelahiran beliau, yaitu Albania. Nama beliau sendiri ialah Muhammad Nashiruddin bin Nuh Najati al-Albani.

Masa Kecil dan Tumbuh Kembang Beliau

Beliau lahir di desa Dammaj, kota Sha’dah, sebelah utara Shan’a, ibukota Yaman, belahan utara. Ayahnya wafat saat beliau masih kecil. Beliau tidak sempat mengetahuinya. Beliau hidup dalam keadaan yatim. Selama beberapa waktu,

beliau hidup dalam asuhan sang ibu.

Saat itu sang ibu meminta agar beliau bekerja untuk mencari nafkah. Ibunya memerintah beliau agar melihat keadaan masyarakat pada umumnya agar bisa hidup seperti mereka (berharta dan berkecukupan).

Akan tetapi, beliau tidak berkenan. Beliau berkata kepada sang ibu, ”Aku akan pergi belajar, menuntut ilmu.”

Sang ibu berkata dengan mendoakan, “Allahu yahdiik (semoga Allah subhanahu wa ta’ala memberimu petunjuk).”

Kalimat ini biasanya terucap saat seseorang merasa kesal, jengkel, dan emosi terhadap lawan bicaranya, meski tidak sampai marah.

Dari ucapan sang ibu yang mengandung doa, dan bisa jadi waktu itu diucapkan bertepatan dengan saat terkabulnya doa, akhirnya Allah subhanahu wa ta’ala menakdirkan beliau menjadi seorang yang mendapat petunjuk dan bimbingan, serta memberi petunjuk kepada orang lain. Beliau rahimahullah menjadi ulama yang masyhur.

Beliau tumbuh di lingkungan yang dikuasai oleh kebodohan, kesyirikan, khurafat, dan sikap berlebih-lebihan (pengultusan) terhadap ahlul bait. Seolaholah, inti agama hanya berporos pada mencintai ahlul bait. Kondisi seperti ini menimpa keumuman penduduk negeri Yaman bagian utara. Mereka tidak mengenal kecuali Zaidiyah (nisbah kepada Zaid bin Ali), al-Hadi, al-Hasan, al-Husain, dan Ali bin Abi Thalib.

Meski demikian, asy-Syaikh Muqbil rahimahullah tidak berani memastikan dan menyebut mereka yang awam sebagai Zaidiyah. Sebab, mereka hanyalah mengikuti siapa yang mereka percayai. Mereka mengira bahwa orang yang selama ini mengajak dan menjadi panutan adalah orang yang agamanya berpedoman di atas al-Qur’an dan as-Sunnah. Menurut beliau, tidaklah tepat seseorang dikatakan Zaidiyah, kecuali bagi yang mempelajari dan menekuni mazhab Zaidiyyah, serta rela dan merasa puas dengan mazhab tersebut.

Adapun masyarakat Yaman bagian selatan, kebanyakan mereka berpemahaman Sufi dan komunis.

Beliau mengawali belajar di Sha’dah, kurang lebih selama tiga tahun. Lembaga pendidikan (sekolah) tersebut berlatar belakang paham Syiah Zaidiyah.

Sedikit pengetahuan dan kecintaan beliau terhadap Sunnah Rasulullah membuat beliau benci terhadap ajaran Zaidiyah. Sebab, dalam hal akidah, Zaidiyah mengadopsi (mencuri) dari pemahaman Mu’tazilah; dalam hukum-hukum ibadah, Zaidiyah mengambil dari mazhab Hanafiyah; dan dalam bermazhab Syi’ah, mereka mengambil dari Rafidhah.

Meskipun sempat mempelajari mazhab Zaidiyah, tetapi setiap kali mempelajarinya, justru semakin menambah kebencian beliau terhadapnya. Menurut beliau, bermazhab adalah perkara yang bukan dari Islam. Bahkan, al-Imam Ibnu Abdil Bar rahimahullah mengatakan, “Para ulama sepakat, seorang muqallid (fanatik pada mazhab tertentu), tidak terhitung sebagai ahlul ilmi.”

Di lembaga tersebut beliau mengawali  belajar dengan mengenal ejaan abjad al-Qur’an, menghafal, atau membacanya, sebagaimana umumnya anak yang baru mengawali proses belajar. Namun, selama itu beliau tidak mendapatkan kelezatan membaca al-Qur’an dan tidak tahu mengapa harus dibaca!

Setelah berlalu sekian waktu, beliau merasa bahwa waktu berlalu dan berjalan dengan sia-sia. Kemudian Allah subhanahu wa ta’ala memberikan taufik kepada beliau untuk mulai mempelajari Sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam. Inilah belajar yang sesungguhnya.

Maka dari itu, beliau memuji Allah subhanahu wa ta’ala yang telah memberinya petunjuk untuk menempuh jalan yang mulia ini. Kalau bukan karena petunjuk Allah subhanahu wa ta’ala semata, pastilah beliau tidak mendapatkan petunjuk dan berjalan di atas petunjuk-Nya.

 

Bentuk Fisik Beliau

Beliau berperawakan sedang, tidak tinggi dan tidak pendek, tidak gemuk dan tidak pula kurus. Tampak tegap dan enerjik jika berjalan, berkulit sawo matang, rambut ikal, hidung mancung, berjenggot tipis, dan berwajah oval. Beliau tampak berwibawa.

 

Guru-Guru Beliau

Merupakan sunnatullah, untuk mendalami dan mempelajari ilmu agama dilakukan rihlah dan berguru kepada seorang alim, terutama yang dikenal dari sisi keilmuan, kebaikan akhlak, budi pekerti, dan muamalah, serta kelurusan akidah dan manhaj.

Al-Imam al-Bukhari rahimahullah menyebutkan sebuah bab dalam kitab Shahih-nya dengan judul Safar dalam Menuntut Ilmu. Kemudian beliau menyebutkan kisah rihlah (perjalanan) Jabir bin Abdillah radhiallahu ‘anhu selama satu bulan untuk menemui Abdullah bin Unais radhiallahu ‘anhu. Jabir menempuh perjalanan tersebut hanya untuk memastikan sebuah hadits yang pernah didengar dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam.

Demikian pula kisah Nabi Musa ‘alaihissalam yang Allah subhanahu wa ta’ala ceritakan dalam surat al-Kahfi. Dengan kedudukan dan kemuliaan beliau, Allah subhanahu wa ta’ala memerintah beliau untuk berguru kepada Nabi Khidhir. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

قَالَ لَهُۥ مُوسَىٰ هَلۡ أَتَّبِعُكَ عَلَىٰٓ أَن تُعَلِّمَنِ مِمَّا عُلِّمۡتَ رُشۡدٗا ٦٦

Musa berkata kepada Khidhir, “Bolehkah aku mengikutimu supaya kamu mengajarkan kepadaku ilmu yang benar di antara ilmu-ilmu yang telah diajarkan kepadamu?(al-Kahfi: 66)

Sampai akhir cerita yang ada dalam surat tersebut.

Salah satu pelajaran yang bisa dipetik dari kisah ini adalah ketawadhuan dan kesabaran Nabi Musa ‘alaihissalam dalam berguru kepada Nabi Khidhir ‘alaihissalam, meskipun kedudukan beliau lebih tinggi dan lebih mulia daripada Nabi Khidhir ‘alaihissalam.

Demikian pula asy-Syaikh Muqbil rahimahullah. Allah subhanahu wa ta’ala memberinya taufik untuk rihlah ke negeri al-Haramain, Makkah (di Ma’had al-Haram al-Makki) dan Madinah (al-Jami’ah al-Islamiyah/Universitas Islam Madinah). Beliau masuk kuliah di Universitas Islam Madinah Fakultas Ushuluddin, dan mengambil intisab di Fakultas Syariah. Di negeri itulah beliau berguru kepada ulama-ulama yang mulia, di antaranya adalah:

  1. Al-‘Allamah al Muhaddits Muhammad Nashiruddin al-Albani Asy-Syaikh Muqbil rahimahullah belajar dari beliau tentang ilmu kaidah-kaidah dalam hadits.
  2. Al-‘Allamah al-Faqih Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz Asy-Syaikh Muqbil rahimahullah mengikuti pelajaran beliau dalam Shahih Muslim.
  3. Asy-Syaikh Muhammad bin Abdillah ash-Shaumali

Enam bulan atau lebih asy-Syaikh Muqbil menimba ilmu dari beliau, terkhusus dalam bidang ilmu hadits dan mengenal rijal (perawi hadits) Shahih al-Bukhari dan Shahih Muslim.

Asy-Syaikh Muqbil mengatakan, “Barangkali sangat sedikit orang yang mempunyai kemampuan seperti beliau dalam hal mengenali perawi hadits al- Bukhari & Muslim, bahkan bisa jadi tidak ada yang menyamainya.”

  1. Asy Syaikh Abdullah bin Muhammad bin Humaid Asy-Syaikh Muqbil belajar dari beliau kitab at-Tuhfah as-Saniyyah. Beliau sangat kagum terhadap jawaban dan pertanyaan asy-Syaikh Muqbil.
  2. Asy-Syaikh Hammad bin Muhammad al-Anshari

Beliau termasuk salah satu guru asy-Syaikh Muqbil di tingkat ‘ulya.

  1. Asy-Syaikh Yahya bin Utsman al-Bakistani

Beliau adalah salah satu guru asy-Syaikh Muqbil di Makkah. Asy-Syaikh Muqbil belajar darinya Shahih al-Bukhari, Shahih Muslim, dan Tafsir Ibnu Katsir.

  1. Asy-Syaikh Abdul Aziz bin Rasyid an-Najdi

Beliau termasuk salah seorang guru asy-Syaikh Muqbil di Makkah. Beliau adalah alumni Universitas al-Azhar. Beliau memiliki pengetahuan yang kuat dalam masalah hadits dan menjauhi sifat taklid.

  1. Asy-Syaikh al-Qadhi Yahya al-Asywal
  2. Asy-Syaikh Abdur Razzaq asy-Syahidzi al-Mahwiti
  3. Asy-Syaikh Muhammad as-Subayyil

Asy-Syaikh Muqbil belajar ilmu faraidh dari beliau.

  1. Asy-Syaikh Muhammad al- Amin al-Mishri

Beliau adalah salah seorang guru asy-Syaikh Muqbil di tingkat ulya. Asy- Syaikh Muqbil belajar ilmu hadits darinya.

  1. Asy-Syaikh as-Sayyid Muhammad al-Hakim al-Mishri

Beliau adalah guru asy-Syaikh Muqbil di Fakultas Dakwah. Asy-Syaikh Muqbil belajar darinya kitab Subulus Salam. Beliau juga menjadi pembimbing asy- Syaikh Muqbil dalam menyelesaikan tesis magisternya.

  1. Asy-Syaikh Mahmud Abdul Wahhab Fayid

Beliau adalah guru asy-Syaikh Muqbil di Fakultas Dakwah dalam bidang ilmu tafsir. Ilmunya kuat dan kokoh.

  1. Asy-Syaikh Abdul Aziz as-Subayyil

Beliau adalah guru asy-Syaikh Muqbil di Ma’had al-Haram al-Makki

  1. Asy-Syaikh Badi’uddin ar-Rasyidi, beliau sangat membenci sifat taklid.
  2. Asy-Syaikh Muhammad Taqiyuddin al-Hilali
  3. Asy-Syaikh Thaha az-Zaini
  4. Asy-Syaikh Abdul ‘Adhim Fayyadh
  5. Asy-Syaikh Abdul Muhsin al-‘Abbad
  6. Asy-Syaikh Muhammad al-Amin asy-Syinqithi

Kekuatan hafalannya merupakan salah satu tanda kekuasaan Allah subhanahu wa ta’ala. Beliau tidak pernah terbata-bata ketika menyebut ayat al-Qur’an.

Sebelum melakukan rihlah ke Negeri Dua Tanah Suci, beliau sempat belajar di Madrasah al-Ula (madrasah Syiah). Di antara guru beliau dari Yaman adalah:

  1. Abul Husain Majduddin al-Muayyidi

Dia adalah orang Syiah yang paling berilmu di Yaman, sekaligus penyeru mazhab al-Hadawi. Darinya beliau banyak mendapatkan pelajaran ilmu nahwu di Najran.

  1. Ismail Hathbah

radhiallahu ‘anhuma. Muhammad bin Hasan al-Mutayyiz

  1. Qashim bin Yahya Syuwail.

 

Murid-Murid Beliau

Murid-murid beliau mayoritas berasal dari berbagai daerah Yaman, baik bagian utara maupun bagian selatan, seperti Dammaj, Sha’dah, ‘Amran, Shan’a, Ma’bar, Ibb, Ta’iz, Yafi’, Dhali’, Lahj, ‘And, Syabwah, Ma’rib, Hadhramaut, dan yang lain.

Adapun murid beliau dari luar Yaman, di antaranya dari Sudan, Somalia, Bahrain, Libya, Irak, Aljazair, Mesir, Inggris, Malaysia, Indonesia, dan yang lain.

 

Karya Ilmiah Beliau

Beliau memiliki banyak karya ilmiah dalam beberapa cabang ilmu syariat. Di antara yang bisa disebutkan adalah:

 Dalam bidang tafsir

  1. Tahqiq dan takhrij terhadap dua jilid dari Tafsir Ibnu Katsir sampai surat al Maidah
  2. Ash-Shahih al-Musnad min Asbabi an-Nuzul

 

Dalam bidang akidah

  1. Asy-Syafa’ah
  2. Al-Jami’ ash-Shahih fil Qadar
  3. Ash-Shahih al-Musnad min Dalail an-Nubuwwah
  4. Sha’qatul Zilzal li Nasfi Abathil ar-Rafdh wal I’tizal
  5. As-Suyuf al-Batirah li Ilhad asy-Syuyu’iyyah al-Kafirah
  6. Riyadhul Jannah fir Radd ‘ala A’da’i as-Sunnah
  7. Ath-Thali’ah fir Radd ‘ala Ghulati asy-Syi’ah
  8. Bahtsun Haula al-Qubbah al-Mabniyyah ‘ala Qabri Rasulillah
  9. Al-Ilhad al-Khumaini fi Ardhi al-Haramain
  10. Fatwa fi Wahdah Ma’a asy Syuyu’iyyin
  11. Irsyadu Dzawi al-Fathan li Ib’adi Ghulati ar-Rawafidh minal Yaman
  12. Rudud Ahlil ‘Ilmi ‘ala ath-Tha’inin fi Hadits as-Sihr
  13. Al-Makhraj minal Fitnah
  14. Hadzihi Da’watuna wa ‘Aqidatuna
  15. Idhahu al-Maqal fi Asbabi az-Zilzal

 

 Dalam bidang hadits dan mushthalah

  1. Ash-Shahih al-Musnad mimma Laisa fi ash-Shahihain, yang kemudian diurutkan berdasarkan masalah fiqih dengan judul al-Jami’ ash-Shahih mimma Laisa fi ash-Shahihain
  2. Tatabbu’ Auhami al-Hakim fil Mustadrak
  3. Tahqiq wa Dirasat al-Ilzamat wat Tatabbu’ li ad-Daruqthni
  4. Tarajimu Rijali al-Hakim Alladzina Laisu min Rijali Tahdzib at-Tahdzib
  5. Tarajimu Rijal ad-Daruquthni Alladzina Laisu fi Tahdzib at-Tahdzib
  6. Nasyru ash-Shahifah fi Dzikri ash-Shahih min Aqwali Aimmati al-Jarh wat Ta’dil fi Abi Hanifah
  7. Al-Muqtarah fi Ajwibati As’ilati al-Mushthalah
  8. Ahadits Mu’allah Zhahiruha Shihhah

 

Dalam bidang fiqih

  1. Al-Jami’ ash-Shahih mimma Laisa fi ash-Shahihain
  2. Al-Jam’u Baina ash-Shalati fis Safar
  3. Syar’iyyatu ash-Shalah fi an-Ni’al
  4. Tuhfathu asy-Syab ar-Rabbani fir Radd ‘ala al-Imam Muhammad bin Ali asy-Syaukani fi Sya’ni al-Istimna’
  5. Tahrim Khidhab bis Sawad

 

Karya ilmiah yang lain

  1. Gharatul Asyrithah ‘ala Ahlil Jahli was Safsathah
  2. Qam’ul Mu’anid wa Zajru al-Haqid al-Hasid
  3. Tuhfatul Mujib ‘ala As’ilati al-Hadhiri wal Gharib
  4. Ijabatus Sa’il ‘an Ahammil Masa’il
  5. Al-Mushara’ah
  6. Al-Fawakih al-Janiyyah fil Muhadharati wal Khuthabi as-Sunniyyah
  7. Tahrimu Tashwiri Dzawati al-Arwah
  8. Iqamatul Burhan ‘ala Dhalalati Abdir Rahim at-hThahhan
  9. Al-Qaulul Amin fi Bayani Fadha’ih al-Mudzabdzabin
  10. Qurratual ‘Ain bi Ajwibati Qa’id al-‘Alabi wa Shahibi al-‘Udain
  11. Tarjamatu Abi Abdir Rahman Muqbil bin Hadi al-Wadi’i
  12. Al-Ba’its ‘ala Syarhi al-Hawadits
  13. Dzammul Mas’alah
  14. Maqtal asy-Syaikh Jamilur Rahman al-Afghani
  15. Fadha’ih wa Nasha’ih
  16. Al-Burkan li Nasfi Jami’atil Iman
  17. Ritsa’ asy-Syaikh Abdul ‘Aziz bin Baz

 

Pujian Ulama terhadap Beliau

Asy-Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah mengatakan, “Sampaikanlah kepada beliau bahwa saya menganggap beliau sebagai mujaddid (pembaru).”

Asy-Syeikh al-Albani rahimahullah mengatakan, “Mereka yang mengkritik kedua syaikh ini—yaitu asy-Syaikh Rabi’ bin Hadi al-Madkhali dan asy-Syaikh Muqbil—ada dua kemungkinan. Pertama, bisa jadi dia seorang yang tidak tahu sehingga perlu diajari. Atau (kedua), dia seorang pengekor hawa nafsu, maka kita harus berlindung kepada Allah dari kejahatannya. Kita mohon agar Allah memberinya petunjuk atau menimpakan bencana kepadanya (membinasakannya).”

Asy-Syaikh Rabi’ bin Hadi al-Madkhali rahimahullah mengatakan, “Beliau adalah mujaddid di negeri Yaman. Sejak zaman Abdur Razzaq ash-Shan’ani sampai hari ini, belum ada seorang pun (di Yaman) yang menjalankan dakwah dan memperbaruinya sebagaimana yang dilakukan oleh al-Wadi’i.”

 

Ditulis oleh Al-Ustadz Abu Ubaidah Syafruddin

dakwah di yaman