Yang Bersemi dalam Hati

Mengenalkan Allah subhanahu wa ta’ala kepada anak harus dilakukan sedini mungkin. Tujuannya agar anak memiliki akidah yang sahih yang tertanan kuat dalam hatinya. Banyak teladan dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang bisa kita terapkan untuk tujuan ini.

Menyaksikan anak-anak tumbuh dalam sepenuh kebahagiaan. Melambung seluruh harapan yang terindah untuk mereka. Teriring permohonan kepada Rabb seluruh alam, dalam bisikan, “Duhai Rabbku, jadikan mereka penyejuk hati kami.”

Harapan bukanlah sekadar sepenggal harapan. Melalui kedua tangan ayah dan bundalah tertuai harapan dalam kenyataan, dengan mengingat kembali sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang disampaikan oleh Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu,

كُلُّ مَوْلُوْدٍ يُوْلَدُ عَلَى الفِطْرَةِ، فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أَوْ يُنَصِّرَانِهِ أَوْ يُمَجِّسَانِهِ، كَمَثَلِ الْبَهِيْمَةِ تُنْتِجُ الْبَهِيْمَةَ، هَلْ تَرَى فِيْهَا جَدْعَاءَ؟

Setiap anak terlahir di atas fitrah. Kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Nasrani, atau Majusi. Sebagaimana hewan, tentu akan melahirkan hewan pula yang sempurna. Adakah engkau melihat hewan itu telah terpotong telinganya?” (HR. al-Bukhari no. 1385 dan Muslim no. 2658)

Sesosok anak yang tumbuh di atas fitrah yang selamat itu akan menerima segala kebaikan dan keburukan, sehingga tentu dia teramat membutuhkan uluran tangan kedua orang tuanya untuk mengajari, mendidik, dan membimbing dengan bimbingan yang benar di atas lempang jalan Islam. (al-Intishar li Huquqil Mu’minat, hlm. 25)

Sebagian orang beranggapan bahwa tanggung jawab untuk mendidik anak hanya semata terbeban di pundak ibu, sementara ayah tak lain hanya dituntut untuk mencukupi kebutuhan materi istri dan anak-anaknya.

Demikianlah yang ada, hingga yang terjadi kadangkala seorang ayah lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah dengan segudang kesibukan pekerjaan atau bersama teman-temannya. Tatkala kembali ke tengah keluarga, dia pun segera duduk menyendiri di kamar, sembari memperingatkan istrinya agar tidak membolehkan anak-anak membuyarkan lamunan atau bunga tidurnya. Padahal kenyataan sesungguhnya, seorang ayah pun mempunyai peran yang begitu besar dalam pendidikan anak-anaknya. (al-Intishar li Huquqil Mu’minat, hlm. 14)

Oleh karena itu, tak diragukan lagi bahwa ayah dan ibu harus bahu–membahu untuk mendidik anak-anak mereka. Andai salah satu dari mereka melalaikan tanggung jawab ini, tentu akan terjadi ketimpangan, kecuali apa yang Allah subhanahu wa ta’ala kehendaki. (Nashihati lin Nisa, hlm. 64)

Satu kisah indah dapat diambil sebagai teladan, agar orang tua memiliki gambaran tentang langkah awal dalam rentang perjalanan pendidikan buah hati mereka. Kisah Luqman yang ternukil dalam Kitab-Nya yang mulia,

وَإِذۡ قَالَ لُقۡمَٰنُ لِٱبۡنِهِۦ وَهُوَ يَعِظُهُۥ يَٰبُنَيَّ لَا تُشۡرِكۡ بِٱللَّهِۖ إِنَّ ٱلشِّرۡكَ لَظُلۡمٌ عَظِيمٞ ١٣

“Dan ketika Luqman berwasiat kepada anaknya, ‘Wahai anakku, janganlah engkau menyekutukan Allah. Sesungguhnya kesyirikan itu adalah suatu kezaliman yang besar.” (Luqman: 13)

Tampaklah dari kisah ini, Luqman mengawali wasiat kepada buah hatinya dengan tauhid dan memberikan peringatan agar tidak menyekutukan Allah subhanahu wa ta’ala, karena hal itu dapat menggugurkan amalan. (Kaifa Nurabbi Auladana, hlm. 9)

Inilah kewajiban yang dipikul oleh ayah dan ibu sebagai pendidik dan pengajar anak-anak mereka. Mereka berdua harus mengajari anak mengucapkan kalimat (لاَ إله إلا اللهُ محمد رسول اللهِ) dan memahamkan makna kalimat tersebut kelak ketika anak beranjak dewasa. Demikian pula menanamkan kecintaan dan keimanan kepada Allah subhanahu wa ta’ala di dalam sanubari mereka, bahwa Allah subhanahu wa ta’ala sajalah pencipta, pemberi rezeki, dan penolong saat berada dalam kesusahan, tidak ada sekutu bagi-Nya. Begitu pun mengajarkan mereka untuk meminta dan memohon pertolongan kepada Allah subhanahu wa ta’ala semata. (Kaifa Nurabbi Auladana, hlm. 23)

Al-Imam Ibnul Qayyim rahimahullah juga memberikan bimbingan dalam hal ini, “Ketika tiba saat anak dapat berbicara, mereka dituntun untuk mengucap (لاَ إله إلا اللهُ محمد رسول اللهِ) dan jadikan yang pertama kali mengetuk pendengarannya adalah pengenalan kepada Allah subhanahu wa ta’ala, pengesaan-Nya, dan Allah subhanahu wa ta’ala di atas ‘Arsy-Nya, Allah subhanahu wa ta’ala melihat dan mendengar segala ucapan mereka, Dia selalu bersama mereka di mana pun berada.” (Tuhfatul Maudud, hlm. 195)

Banyak cara dapat ditempuh untuk menjelaskan hal ini kepada anak. Adakalanyabila anak masih kecil dengan menuntun anak mengucapkan nama Allah subhanahu wa ta’ala, sembari mengisyaratkan tangan ke arah langit. (Nashihati lin Nisa, hlm. 65)

Ada kalanya pula dengan menuturkan berbagai kisah. Di antara banyak kisah, ada kisah tentang seorang sahaya wanita yang diceritakan oleh pemilik hamba sahaya itu, Mu’awiyah ibnul Hakam as-Sulami radhiallahu ‘anhu,

وَكَانَتْ لِيْ جَارِيَةٌ تَرْعَى غَنَمًا لِيْ قِبَلَ أُحُدٍ وَالْجَوَانِيَةِ. فَاطَّلَعْتُ ذَاتَ يَوْمٍ، فَإِذَا بِالذِّئْبِ قَدْ ذَهَبَ بِشَاةٍ مِنْ غَنَمِهَا، وَأَنَا رَجُلٌ مِنْ بَنِي آدَمَ آسَفُ كَمَا يَأْسَفُوْنَ، لَكِنِّي صَكَكْتُهَاصَكَّةً, فَأَتَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَعَظَّمَ ذَلِكَ عَلَيَّ، قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، أَفَلاَ أُعْتِقُهَا؟ قَالَ: ائْتِنِيْ بِهَا. فَقَالَ لَهَا: أَيْنَ اللهُ؟ قَالَتْ: فِي السَّمَاءِ، قَالَ: مَنْ أَنَا؟ قَالَتْ: أَنْتَ رَسُوْلُ اللهِ. قَالَ: أَعْتِقْهَا فَإِنَّهَا مُؤْمِنَةٌ

“Aku memiliki seorang sahaya wanita yang biasa menggembala kambing-kambingku di sekitar bukit Uhud dan Jawaniyah. Suatu hari, aku menengoknya. Ternyata seekor serigala telah membawa lari salah seekor kambingku, dan aku ini adalah seorang anak Adam yang bisa bergejolak kemarahannya sebagaimana orang lain bisa bergejolak kemarahannya. Saat itu aku pun memukulnya. Lalu aku datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan beliau pun menganggap besar perbuatan yang kulakukan. Aku berkata, ‘Ya Rasulullah, apakah kubebaskan saja dia?’

Beliau berkata, ‘Bawa dia kemari.’

Setelah sahaya wanita itu dibawa kepada beliau, beliau bertanya, ‘Di mana Allah?’

Sahaya wanita itu menjawab, ‘Di atas langit.’

Beliau bertanya lagi, ‘Siapa aku?’

Dia menjawab, ‘Engkau adalah utusan Allah subhanahu wa ta’ala.’

Mendengar jawaban itu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Bebaskan dia, karena dia adalah seorang wanita yang beriman’.” (HR . Muslim, no. 537) [Kaifa Nurabbi Auladana, hlm. 17]

Banyak kisah yang sarat dengan gambaran keimanan ternukil dalam kitab-kitab goresan tinta para ulama.

Tatkala akal mereka mulai bisa mencerna, mereka pun diajarkan tentang rukun Islam, rukun iman, dan rukun ihsan. Tentang ini semua, terangkum dalam kisah Jibril q ketika datang di hadapan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk mengajarkan dasar-dasar agama ini kepada para sahabat. ‘Umar ibnul Khaththab radhiallahu ‘anhu mengisahkan,

بَيْنَمَا نَحْنُ جُلُوْسٌ عِنْدَ رَسُوْلِ اللهِ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ يَوْمٍ إِذْ طَلَعَ عَلَيْنَا رَجُلٌ شَدِيْدُ بَيَاضِ الثِّيَابِ شَدِيْدُ سَوَادِ الشَّعْرِ لاَ يُرَى عَلَيْهِ أَثَرُ السَّفَرِ وَلاَ يَعْرِفُهُ مِنَّا أَحَدُ حَتَّى جَلَسَ إِلَى النَّبِيِّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَسْنَدَ رُكْبَتَيْهِ إِلَى رُكْبَتَيْهِ وَوَضَعَ كَفَّيْهِ عَلَى فَخِذَيْهِ

 وَقَالَ: يَا مُحَمَّدُ، أَخْبِرْنِيْ عَنِ اْلإِسْلاَمِ

. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اْلإِسْلاَمُ أَنْ تَشْهَدَ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ وَتُقِيْمَ الصَّلاَةَ وَتُؤْتِيَ الزَّكَاةَ وَتَصُوْمَ رَمَضَانَ وَتَحُجَّ البَيْتَ إِنِ اسْتَطَعْتَ إِلَيْهِ سَبِيْلاً.

قَالَ: صَدَقْتَ. فَعَجِبْنَا لَهُ يَسْأَلُهُ وَيُصَدِّقُهُ.

قَالَ: فَأَخْبِرْنِي عَنِ اْلإِيْمَانِ

 قَالَ: أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ.

قَالَ: صَدَقْتَ

 قَالَ: فَأَخْبِرْنِي عَنِ اْلإِحْسَانِ

قَالَ: أَنْ تَعْبُدَ اللهَ كَأَنَّكَ تَرَاهُ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ

قَالَ: فَأَخْبِرْنِي عَنِ السَّاعَةِ

 قَالَ: مَا الْمَسْؤُلُ عَنْهَا بِأَعْلَمَ مِنَ السَّائِلِ

قَالَ: فَأَخْبِرْنِي عَنْ أَمَارَاتِهَا

 قَالَ: أَنْ تَلِدَ الأَمَةُ رَبَّتَهَا وَأَنْ تَرَى الْحُفَاةَ الْعُرَاةَ الْعَالَةَ رِعَاءَ الشَّاءِ يَتَطَاوَلُوْنَ فِي البُنْيَانِ

 قَالَ ثُمَّ انْطَلَقَ فَلَبِثْتُ مَلِيًّا ثُمَّ قَالَ لِي: يَا عُمَرُ أَتَدْرِي مَنِ السَّائِل؟

 قُلْتُ: اللهُ وَرَسُوْلُهُ أَعْلَمُ

قَالَ: فَإِنَّهُ جِبْرِيْلُ أَتَاكُمْ يَعَلِّمُكُمْ دِيْنَكُمْ.

Suatu hari, ketika kami duduk bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Tiba-tiba, datang seorang laki-laki yang pakaiannya sangat putih bersih dan teramat hitam legam rambutnya. Tak satu pun dari kami yang mengenalinya, namun tak terlihat pula tanda-tanda perjalanan jauh dari dirinya. Kemudian dia duduk di hadapan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu menyandarkan kedua lututnya pada kedua lutut beliau dan meletakkan kedua telapak tangannya di atas kedua pahanya.

Ia bertanya, ‘Wahai Muhammad, beri tahukan kepadaku tentang Islam!’

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun menjawab, ‘Islam itu engkau bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak untuk disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, engkau menegakkan shalat, menunaikan zakat, melaksanakan puasa Ramadhan dan menunaikan haji ke Baitullah apabila engkau mampu melaksanakannya.’

Dia berkata, ‘Engkau benar.’ Kami merasa heran terhadapnya, dia yang bertanya, dia pula yang membenarkan.

Dia bertanya lagi, ‘Beri tahukan kepadaku tentang iman.’

Beliau menjawab, ‘Engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasulrasul-Nya, dan hari akhir, serta engkau beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk.’

Dia berkata, ‘Engkau benar.’

Dia bertanya, “Beri tahukan kepadaku tentang ihsan.”

Beliau menjawab, ‘Engkau beribadah kepada Allah seolah-olah engkau melihat-Nya. Kalau engkau tidak bisa melihat-Nya, maka sesungguhnya Allah subhanahu wa ta’ala melihatmu.’

Dia berkata lagi, ‘Beri tahukan kepadaku tentang hari kiamat.’

Beliau menjawab, ‘Orang yang ditanya tidak lebih tahu daripada orang yang bertanya.’

Dia bertanya, ‘Kalau begitu, beri tahukan kepadaku tentang tandatandanya.’

Beliau menjawab, ‘Seorang budak melahirkan tuannya dan engkau melihat orang-orang yang bertelanjang kaki, tidak berbaju, dari kalangan orang-orang fakir yang menggembala kambing saling berlomba meninggikan bangunan.’

Kemudian orang itu pun pergi dan aku pun diam selama beberapa saat. Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, ‘Wahai ‘Umar, tahukah engkau, siapa yang datang itu?’

Aku pun menjawab, ‘Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.’

Beliau menjawab, ‘Dia adalah Jibril. Dia datang untuk mengajari kalian tentang agama kalian’.” (HR . Muslim no. 8)

Yang mesti diketahui, tahapan ini tidak dapat dipastikan dengan batasan usia, karena kepandaian dan kecerdasan anak berbeda-beda. (Nashihati lin Nisa, hlm. 65)

Demikian pula Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dikenal sebagai sosok yang mencintai anak-anak dan mencintai kebaikan bagi umat beliau. Pengajaran beliau kepada anak-anak senantiasa dikenang dan diambil sebagai teladan. Inilah penuturan Abdullah ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhuma ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan pengajaran agar keimanan itu tertanam dalam hatinya,

كُنْتُ خَلْفَ النَّبِيِّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمًا فَقَالَ لِي: يَا غُلاَمُ إِنِّيْ أُعَلِّمُكَ كَلِمَاتٍ: احْفَظِ اللهَ يَحْفَظْكَ، احْفَظِ اللهَ تَجِدْهُ تُجَاهَكَ، وَإِذَا سَأَلْتَ فَاسْأَلِ اللهَ، وَإِذَا اسْتَعَنْتَ فَاسْتَعِنْ بِاللهِ، وَاعْلَمْ أَنَّ الأُمَّةَ لَوِ اجْتَمَعَتْ عَلَى أَنْ يَنْفَعُوْكَ بِشَيْءٍ لَمْ يَنْفَعُوْكَ إِلاَّ بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللهُ لَكَ، وَإِنِ اجْتَمَعُوْا عَلَى أَنْ يَضُرُّوْكَ بِشَيْءٍ لَمْ يَضُرُّوْكَ بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللهُ عَلَيْكَ، رُفِعَتِ اْلأَقْلاَمُ وَجَفَّتِ الصُّحُفُ. )رَوَاهُ التِّرْمِذِي وَقَالَ : حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ(. وَفِي رِوَايَةِ غَيْرِ التِّرْمِذِي: اِحْفَظِ اللهَ تَجِدْهُ أَمَامَكَ، تَعَرَّفْ إِلَى اللهِ فِي الرَّخَاءِ يَعْرِفْكَ فِي الشِّدَّةِ، وَاعْلَمْ أَنَّ مَا أَخْطَأَكَ لَمْ يَكُنْ لِيُصِيْبَكَ وَمَا أَصَابَكَ لَمْ يَكُنْ لِيُخْطِئَكَ، وَاعْلَمْ أَنَّ النَّصْرَ مَعَ الصَّبْرِ وَأَنَّ الْفَرَجَ مَعَ الْكَرْبِ وَأَنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا.

Suatu hari, aku membonceng di belakang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau berkata kepadaku, “Wahai anak, sesungguhnya aku akan mengajarkan kepadamu beberapa kalimat. Jagalah Allah subhanahu wa ta’ala, niscaya Allah subhanahu wa ta’ala akan menjagamu. Jagalah Allah subhanahu wa ta’ala, niscaya engkau akan dapati Dia ada di hadapanmu. Apabila engkau meminta, mintalah kepada Allah subhanahu wa ta’ala, dan apabila engkau memohon pertolongan, mohonlah pertolongan kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Ketahuilah, seandainya seluruh umat ini berkumpul untuk memberikan manfaat kepadamu, mereka tidak akan dapat memberikannya kecuali apa yang telah Allah subhanahu wa ta’ala tetapkan bagimu. Seandainya mereka berkumpul untuk menimpakan mudarat kepadamu, mereka tidak akan dapat menimpakannya kecuali apa yang telah Allah subhanahu wa ta’ala tetapkan menimpamu. Telah diangkat pena, dan telah kering lembaran-lembaran.” (HR . at-Tirmidzi dan beliau berkata, hadits hasan sahih[1]).

Dalam riwayat selain at-Tirmidzi, “Jagalah Allah subhanahu wa ta’ala, niscaya engkau akan dapati Dia di hadapanmu. Kenali Allah subhanahu wa ta’ala dalam keadaan lapang, niscaya Dia akan mengenalimu dalam keadaan susah. Ketahuilah, sesungguhnya apa yang ditetapkan luput darimu tidak akan menimpamu, dan apa yang ditetapkan menimpamu tidak akan luput darimu. Ketahuilah, sesungguhnya pertolongan itu bersama kesabaran, kelapangan itu bersama kesusahan, dan bersama kesulitan itu ada kemudahan.”

Beliau ajarkan kepada anak-anak untuk taat kepada Allah subhanahu wa ta’ala dan menjauhi maksiat kepada-Nya, yang semua itu akan menggiring kebahagiaan di dunia dan akhirat. Beliau tanamkan aqidah tauhid dalam jiwa mereka dengan mengajarkan untuk meminta dan memohon pertolongan kepada Allah subhanahu wa ta’ala semata. Beliau tancapkan dalam hati mereka akidah keimanan terhadap takdir yang baik dan yang buruk. Beliau didik mereka di atas optimisme, agar kelak mereka akan dapat menghadapi kehidupan dengan penuh keberanian dan pengharapan, sehingga mereka menjadi sesosok pribadi yang dapat memberikan manfaat bagi umat ini. (Kaifa Nurabbi Auladana, hlm. 13)

Inilah langkah demi langkah menyemai benih keimanan hingga bersemi dalam sanubari sang permata hati. Semoga nanti akan berbuah kebahagiaan baginya di dunia ini hingga di negeri yang kekal abadi.

Wallahu a’lamu bish-shawab.

Ditulis oleh al-Ustadzah Ummu ‘Abdirrahman bintu ‘Imran


[1] Dinyatakan sahih oleh asy-Syaikh al-Albani dalam Shahih Sunan at-Tirmidzi, 2/2043, dan al-Misykat no. 5302.

metode pendidikan anakPendidikan Anaktauhid