Mewaspadai Ahlul Bid’ah, Buku-buku, dan Majelisnya

Ibnul Qayyim rahimahullah berkata dalam ath-Thuruqul Hukmiyyah,

(Pasal) Dan demikianlah, tidak ada ganti rugi atas pembakaran buku-buku menyesatkan, begitu pula pemusnahannya. Al-Marwazi rahimahullah berkata,

“Aku bertanya kepada al-Imam Ahmad rahimahullah, ‘Saya meminjam sebuah buku yang di dalamnya memuat hal-hal yang keji. Menurut pendapat Anda, (sebaiknya) saya merobek-robek atau membakarnya?’

Beliau rahimahullah menjawab, “Bakarlah buku tersebut!”

Kemudian Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, “Maksudnya, buku-buku yang mengandung kedustaan dan kebid’ahan ini wajib dirusak dan disirnakan. Itu lebih utama daripada pemusnahan sarana-sarana hiburan, alat-alat musik, ataupun bejana-bejana khamar.

Sebab, bahaya (yang ditimbulkan buku-buku sesat tersebut) sungguh lebih besar daripada bahaya ini semua (alat-alat hiburan, musik, dan khamar). Dan tidak ada ganti rugi atas pemusnahan (buku-buku tersebut), sebagaimana tidak ada ganti rugi pada pemecahan bejana-bejana khamar dan arak.”

Asy-Syaikh Muwaffaquddin rahimahullah menyebutkan tentang larangan melihat buku-buku bid’ah. Beliau mengatakan, “Dahulu para salaf melarang keras duduk-duduk bersama ahlul bid’ah, melihat-lihat buku mereka, dan mendengar ucapan mereka.”

(Manhaj Ahlis Sunnah wal Jama’ah fi Naqdir Rijal wal Kutub wath Thawa`if, hlm. 132, 133, 134)

 

nasihatpermata salaf